Thursday, 13 January 2011

H.B.D



Kemajuan teknologi, memberikan kita kepraktisan yg luar biasa.

Gua inget jaman gua masih SD dulu, kalo ada sebuah kata yg gua ga ngerti artinya, gua harus nyari KAMUS. Dan kalo di kamus juga ga ada, gua harus tanya orang. Bagaimana jika orang yg gua tanya juga ga tau? Berdoa, tanya ke Tuhan? Ato teriak2 di jalan,
"Heyyy sodara2, ada yg tau artinya KONSTIPASI???"
Bisa2 gua ditimpukin pake combro ma tukang gorengan depan rumah, disangka orang gila ato cacat mental gara2 kekurangan ASI.

Anyway, kalo jaman sekarang, kita mau cari artinya suatu huruf, tinggal ketik aja di Google dan voila! Om Google yg baik hati akan mencarikannya untuk kita. Kita tinggal pilih saja beberapa hasil pencarian yg relevan dengan keinginan kita. Beres. Gampang. Mudah. Praktis. Ga cape. Btw ngelantur dikit, ada yg pernah pencet tombol "Saya Lagi Beruntung" di Google? Katanya ada 1% kemungkinan kita bakal di-redirect ke suatu link di mana hanya dengan satu kali klik, kita bisa dapet I-phone gratis. Hadiah dapat diambil di supermarket terdekat.

Im joking, of course, hehe.

Contoh lain, sekarang kalo kita mau nulis surat, udah ga usah susah2 tulis tangan, tempel perangko, terus ke kantor pos. Teknologi e-mail dapat melakukannya untuk kita dan hanya dalam hitungan menit, surat kita sudah sampai pada sasaran. Lebih canggih lagi, teknologi chatting. Kita bisa langsung "surat-menyurat" dengan orang yg jaraknya ribuan mil hanya dalam hitungan detik. Tapi dasar manusia ga pernah puas, ga sampe di situ, saat chatting pun kita masih mencoba untuk mencari kepraktisan, yaitu dengan cara menggunakan singkatan2.

Bukan, gua bukan ngomongin bahasa alay y6 SEKrn6 l46 p0Pul3r D kln6n rMj "50k 64l" itcHu LowH (mampus, ini tulisan apa erangan anjing yg lagi kawin???) Gua ngomongin singkatan2 yg lebih umum seperti LOL, TTYL, BRB, OMG, dll.

Oke lah, gua ngerti kalo nulis panjang2 itu melelahkan (or it is?), apalagi kalo kita chattingnya sambil bergelantungan di atas tiang listrik (emang monyet bisa chatting ya? ato lagi cari sinyal nih ceritanya?) tapi jujur akhir2 ini ada sebuah singkatan yg bikin gua miris ngeliatnya.

HBD adalah sebuah singkatan yg sedang marak di FB danTtwitter saat ini. Apa itu HBD? HBD adalah singkatan dari H A P P Y B I R T H D A Y.

What the?

Oke lah, gua ngerti kalo orang lebih seneng nulis STFU daripada Shut The F*ck Up. Selaen lebih singkat, juga lulus sensor. Gua juga sering pake singkatan2 kalo nulis. LOL. OMG. GBU. Apalagi kalo di sms, sebagai bentuk penghematan karakter. Tapi temen lu tuh cuma ulang tahun sekali dalam setahun, apa sih susahnya nulis yg bener dikit? Bayangin lu lagi ultah, terus temen lu cuma nulis "HBD" ato "HBD WYATB" di FB ato sms. Doesn't that kinda pissed you off? I mean, kalo lu bisa nulis status galau panjang2 di Facebook, kenapa nulis "Happy Birthday" aja ga bisa? Cuma 10 huruf doank, come on!

Teknologi seharusnya memberikan kemudahan, bukannya malah bikin orang jadi males, apalagi merusak relasi orang2 yg penting dari hidup kita. Gua sering liat orang rela nulis ratusan huruf di FB dan twitter cuma buat update status ga jelas ato nyapa2 orang yg ga dia kenal di FB (thx 4 d aPP y4pH, LeH knAlaN? fTo U imUdH dH) tapi kenapa nulis ucapan Happy Birthday buat temen deket sendiri aja lu ga bisa? Shame on you.

Kadang kita harus memulai dari hal2 yg kecil dahulu jika kita ingin membuat perubahan. Dan kalo kita pengen orang menghargai kita, kita juga harus mulai dengan menghargai orang lain terlebih dulu.

So STOP saying HBD, seriously...

15 comments:

  1. LIKE THIS!!!!

    I'M WITH YOU DUDE!!!!

    hahahahaha ^^

    ReplyDelete
  2. GBU apa artinya belum dijelaskan.

    ReplyDelete
  3. Ini! Baru kali ini nemuin yang sepaham ^^

    ReplyDelete
  4. Hepi bisdey <<< klo gini gmn? boleh? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pas lu ultah ada yg ngucapin kayak gitu, rela ga?

      Delete
  5. Saya setuju sekali.

    Memang betul itu.

    ReplyDelete
  6. Bener banget! I agree with you.

    Jangankan yang Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia saja kadang masih disingkat juga "Met Ultah" kenapa nggak ditulis "Selamat Ulang Tahun" gitu... kan yang diselamatin juga merasa terhormati. Betul ?? ^^

    Nah,, kalo yang Bahasa Inggris sih.. selain hemat waktu, bisa jadi mungkin orang yang mau ngucapin itu.. tahu ngucapinnya tapi gak tahu penulisannya jadinya disingkat dehh.. HBD, Happy B'day, Hepi bidey, dsb.... *maklum terlalu banyak yang harus diingat sampai-sampai tulisan Happy Birthday saja lupa hehe.. :D *

    ReplyDelete
  7. ak makanya jarang memberi ucapan ke teman yang kurang dekat, karena takutnya jatuhnya cuma sekedar ucapan aja. Sebisa mungkin mengurangi ucapan selamat via FB biar gg ketahuan juga klo tahunya dari FB #padahal emang iya hhohho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yang dibilang Tiara bener banget.... Gue udah ngalaminnya saat tanggal ulangtahun gue hidden di FB... Nyatanya, selain keluarga, hanya satu atau beberapa yang ucapin selamat ke gue... Itu pun karena itungannya temen deket....

      Gue juga ngerasa, kayak si Tiara ini, ucapan2 selamat ulangtahun di socmed itu kesannya sekedar ucapan aja. Basa-basi.. Hahaha....

      Delete
    2. Kalo soal ngucapin ultah akibat lihat notif di FB, menurut gua sih sah2 aja ya. Akuilah, memori orang jaman sekarang ga sebagus jaman dulu. Kecuali keluarga dan sahabat deket, gua ragu kalo orang akan saling mengingat ultah satu sama lain. So yeah, menurut gua FB sama aja fungsinya seperti "buku telepon" yg dipakai orang jaman dulu untuk mencatat ulang tahun sekarang. Dan gua percaya bahwa mereka tulus kok ngucapin selamat ulang tahunnya.

      Yg penting, di saat ngucapin selamat ulang tahun, tulislah dengan benar, jangan pake disingkat2, supaya orang yg kita tuju juga merasa dihormati. Singkatan sah2 aja digunakan dalam kehidupan sehari2, bikin segalanya jadi lebih mudah, tapi tidak dalam segala hal. Ngucapin selamat ulang tahun ini adalah salah satu hal yg menurut gua ga pantes kalo pake disingkat2...

      Thanks untuk feedback kalian berdua =)

      Delete
  8. saya kadang juga heran dengan kelakuan manusia macam gini...
    tp kadang kalo lagi buru-buru sih ga masalah semisal chat masalah kerjaan...
    lha kalo chat buat ngucapin selamat ulang tahun apa ya buru-buru...?
    :)

    ReplyDelete
  9. Hehe betul betul betul.,
    #ada upin upin lewat
    ea "itulah Indonesia.." (nyanyi dari sabang sampai merauke)

    ReplyDelete
  10. sep deh gambarnya, hihihi

    ReplyDelete
  11. hbd hbd, umat islam pun ikut ikutan juga

    http://www.kumpulankonsultasi.com/

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)