Sunday, 29 May 2011

Hong Kong, Jewel of The Night

16

15 May 2010 - Day 1Mama gua adik kakaknya ada 10 bersaudara dan 3 diantaranya tinggal di Hong Kong, jadi yg jemput gua di bandara tuh pembantunya Bibi gua yg bisa Bahasa Indonesia, sebut aja Mbak Sri. Bareng dia, gua naek bus dari bandara menuju hotel tempat Paman gua menunggu. Busnya tingkat dua gitu, dan gua duduk di tingkat 2, paling depan, supaya bisa foto2.

Hong Kong di malam hari bagus banget, lampu berkelap-kelip di mana2. Gua jadi inget, waktu masih umur 13 tahun, gua pernah ke HK bareng my Dad dan kita berdua duduk2 di atas perahu sambil minum bir (my first beer ever in life) dan menikmati keindahan Hong Kong Harbour di malam hari. Gua coba foto2 beberapa, tapi hasilnya ga gitu bagus gara2 busnya bergerak, hehe. Check this out!


Perjalanan dari bandara ke kota kurang lebih setengah jam. Melewati sebuah terowongan panjang dan seudahnya kita lewat jembatan gantung. OMG, pemandangan dari atas jembatan gantung bener2 breath-taking. Gua ga tau foto2 yg gua ambil cukup jelas atau tidak untuk menggambarkannya, tapi ya, better than nothing, right?


Oya gua lupa cerita soal WC di pesawat di postingan sebelumnya. WC nya kecil, tapi segala peralatan lengkap mulai dari sabun, lap, sampai pembalut dan popok bayi. Yg lucu, begitu kita teken tombol flush, langsung deh kayak vacuum cleaner bertekanan tinggi gitu SYUUUUTTTTT. Segala macam benda yg ada di kloset pun hilang musnah ditelan bumi. Untungnya pesawat punya septic tank, coba kalo langsung dibuang ke daratan...kayaknya lucu tuh, ada orang di bawah lagi asik2 jilat es krim tiba2 CEPLOK ada tambahan es krim warna kuning dari langit...hahaha

Anyway, back to topic. Hong Kong, sebelum dikembalikan ke Cina tahun 1999, adalah daerah jajahan Inggris. Kotanya terdiri dari beberapa pulau2 kecil yg disambung menjadi satu menggunakan jembatan2 raksasa. HK juga tidak punya kekayaan alam selain hasil laut, tapi perekonomiannya kini sangat maju karena HK menjadi pusat transit barang2 ekspor impor keluar masuk Cina. Di sepanjang kiri kanan jalan, gua liat jutaan kontainer ditumpuk2 hampir menyerupai sebuah labirin raksasa. Dan di malam hari, dengan lampu2 yg berkelap-kelip, lautan kontainer tersebut terlihat sangat indah. Gua coba foto, tapi hasilnya ga gitu jelas jadi nih gua kasih foto dari internet aja.

Pemandangan kontainer di malam hari

Kota Hong Kong juga tertata dengan sangat rapi. Tiap blok punya city square sendiri tempat orang2 bisa berkumpul, dan tiap blok juga punya taman, lap tenis, dan kolam renang masing2. Kesejahteraan rakyat sangat diperhatikan di sini. Setiap 3 blok ada kantor polisi dan pemadam kebakaran, tapi di luar itu pun, HK tergolong sebagai kota yg aman, kata Mbak Sri, soalnya tiap bagian kota dimonitor menggunakan kamera oleh pemerintah. Jadi malam hari jalan kaki pun tidak usah takut karena angka kejahatan di HK sangat minim akibat meratanya taraf perekonomian penduduknya.

Kantor pemadam kebakaran

Waktu itu sekitar jam 10 malam, Hari Minggu, tapi jalanan masih rame banget. Toko2 masih buka semua dan jalanan penuh padat dengan pejalan kaki. Orang2 HK memang tergolong rajin, kata Mbak Sri. Mereka bekerja dari pagi hingga larut malam, bahkan tidak jarang hari libur pun tetap masuk. Kayaknya boleh juga gua pertimbangkan untuk kerja di HK suatu hari nanti. Gaji gede, kesejahteraan pun terjamin, hmmm.


Gua dan Mbak Sri turun dari bus di daerah Tsim Sha Tsui. Kemudian sambil setengah mati menyeret koper gua yg segede gaban, gua berjalan ke hotel tempat gua tinggal malam ini, YMCA Salisbury.

Sampe di kamar, gua disambut Paman gua yg udah beliin gua KFC untuk makan malem. Hey KFC di sini makanannya tidak seperti di Indo ternyata, check this out!

My uncle will be staying in another room, so this room is mine for tonight. Wow.

Satu hal yg gua sadari, colokan listrik di sini berbeda dengan di Indo. Di Cina nanti, I might have to consider buying a converter...

Ok, segitu dulu cerita tentang HK nya. The next post, I'll tell you about Beijing so stay tuned! ;p

16 comments:

  1. iya, Hong Kong kan terkenal emang banyak lampunya.. tadinya foto kontainer itu pengen saya bilang bagus karena bisa jepret siang dan malam di tempat yang sama.. ternyata dari intrnet too?.
    yah, jauh-jauh makan KFC lagii.. hahaha

    ReplyDelete
  2. makasih postingan ttg hongkong,jadi tahu bagaimana kehidupan disana,tapi kok kesannya jadi terlalu ngejar duit ya...kapan mereka refresing kalau libur z msk kerja

    ReplyDelete
  3. wah apalagi pandangan mata langsung ya pasti cantik banget tuh lautan lampu :O
    itu KFC ? ayamnya kecil banget :P

    ReplyDelete
  4. wah, lengkap amat creitanya. Hongkong emang kerenkalo malam. Tapi kalo siang, menurutku crowded banget.

    ReplyDelete
  5. Gaphe : iya, gua di HK baru transit doank, makanya belom bisa banyak jepret2...nanti minggu terakhir kan ke HK lagi, semoga bisa banyak foto2 di sana

    l-one : mereka refreshingnya ga cuma hari libur, tapi setiap hari juga bisa, malem2 pulang kerja gitu...

    fiction : kecil2 tapi banyakkk...hehehe

    cerpen : jauh lebih crowded Jakarta, seriously...

    ReplyDelete
  6. di hongkong ada jual es cendol nggak? saya niat mo buka cabang disana..aahahha kidding!
    keren postingannya,tau dikit ttg hongkong finally. :D

    ReplyDelete
  7. wah sepertinya perjalanan yang tak terlupakan nihhh, huaaa pengen sesekali..hayoo pastii..

    :)

    ReplyDelete
  8. meskipun mlm tp kliatan asik jg ya, byk lampu2 gitu...
    kpn2 deh aku maen ke Hong Kong...
    tp kpn ya... hehe

    ReplyDelete
  9. Dari sekian biaya yang lu keluarkan dan waktu yang lu korbankan berakhir dengan lu makan KFC!!! Emang Santo Sanders tak terlupakan hahahhaa. JIzzzz....... bagus gelo kotanya btw. Udah makan kamana wae selaen ke rumah santo KFC?

    ReplyDelete
  10. fotokolor : waktu itu udah tengah malem, tempat makan udah pada tutup...lagian itu gua dibeliin, bukan beli sendiri

    ReplyDelete
  11. betewe ven, yang dijepret sama lo juga bagus koq... nice...

    kapan yah gw bisa ke hongkong? *mengeluh

    ReplyDelete
  12. colokannya sama ky di singapore tuh kep. K sg jg kudu bawa converter.

    Btw, dr foto aja udah kliatan bersihnya :D. mungkin itu jg sebabnya knp kl foto di indo pake poket hasilnya kurang bagus. Huwaaa... wanna go there someday :(

    ReplyDelete
  13. wkwkwkw, asiknyaaaa
    aku paling jauh cuma jalan ke sumatra liati engkong

    Tu kontainer? ta kira cuma gw yg suka main lego, org2 hongkong lbi maniak trnyata, hahaha

    ReplyDelete
  14. seru.. hahahhaa... pengen liat kegiatan lainnya ven... btw ada tugas buat u ^^

    http://tom-kuu.blogspot.com/2011/05/tk-bongkar-tas.html

    ReplyDelete
  15. kayanya baru disini gw liat foto sisi lain dr HK, biasanya kan pemandangan yang ditepi laut atau resto dan gedung yang penuh lampu, disini gw liat kontainerrrr

    ReplyDelete
  16. noeel : nabung aja, pasti bisa kok...tapi saran gua sih mending ke beijing daripada ke HK, lebih banyak yg bisa dilihat dan dialami ;p

    papersmage : ayo nabung, tar kita ke cina bareng2, hehe

    brainless : tapi legonya orang HK tuh jadi sumber devisa utama mereka lho, hehe

    exort : gua mencoba mengekspos sisi lain dari HK, hahaha

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)