Friday, 27 May 2011

Nulis Blog = Menangkap Kupu-Kupu

15


Waktu kecil, gua ma temen2 suka banget sama yg namanya kupu2. Bentuknya yg lucu dengan warna-warni yg menggetarkan hati...oooh rasanya seperti es krim beraneka rasa. Ingin rasanya kita bisa menangkap beberapa dari mereka ke dalam toples, untuk dipandangi sepanjang hari (ga akan dimakan tentunya) Karena menurut mitos yg beredar di kalangan anak TK waktu itu, kupu2 di dalam toples bisa membawa kita bertemu dengan cinta sejati kita. Yeah, jaman gua kecil, topik cinta tuh kayaknya lagi populer banget seperti coklat Silverqueen, pengaruh kebanyakan nonton film2 silat Cina tampaknya.

Makanya dulu setiap kali pulang sekolah, gua ma temen2 suka menyelinap ke taman di belakang kapel sekolah di mana di sana terdapat padang rumput yg luas dan banyak kupu2nya. Kita masing2 bawa alat buat menangkap kupu2. Temen gua, Yogi, yg gendut dan putih banget, bawa fishing net mini, hasil nyolong dari akuarium di rumah. Sementara temen gua yg satu lagi, Alex, bawa boboko, karena kupu2 tertarik akan bau nasi, menurut informasi yg entah darimanaaaaaa gitu dia denger. Gua? Bawa baskom, hasil nyolong dari WC sekolah.

Boboko, untuk nangkep kupu2...karena kupu2 suka bau nasi (sinting)

Setelah 1 jam berusaha menangkap kupu2 dengan alat2 yg tidak relevan tersebut, kami pun tumbang, terkapar di atas padang rumput, dengan kupu2 beterbangan di atas kepala, seolah mengejek. Pulang ke rumah, dengan baju kotor penuh tanah, gua memutuskan untuk mandi dan saat sedang asik mengguyur badan sambil jingkrak2 denger lagu Si Komo, tiba2 gua liat ada kupu2 lewat di depan cermin kamar mandi gua. Lho? Kok ada di sini? Bukannya menurut buku2 yg gua baca kupu2 harusnya cuma ada di taman? Ga mungkin di kamar gua yg berada di tingkat 3 ruko yg ga ada taman di dekatnya bisa ada kupu2. Apa jangan2 mereka menghantui gua gara2 gua mengusik ketenangannya??? Hiii~

Hingga saat ini, misteri itu masih tidak terpecahkan. Gua masih "dihantui" kupu2 ke mana pun gua pergi. Di sekolah, di kuliah, di warnet, di WC umum, di angkot, di pantai, bahkan pagi ini pun saat gua membuka mata, gua melihat kupu2 kecil berwarna putih di langit2 kamar hotel gua di Chongqing. Padahal tadi malem sebelum tidur, gua jelas2 ga liat ada kupu2 di dalam kamar. Masuk darimana ya? Jendela selalu tertutup kok gara2 pake AC. Nah lho...


Inspirasi itu mirip kupu2 kalo menurut gua, kalo mereka suka muncul tiba2, di tempat yg tidak kita sangka2. Mungkin saja kita baru beres nonton suatu film, dan kemudian kita jadi ingin tahu lebih banyak mengenai latar belakang sejarah di balik cerita yg ada di film itu. Atau mungkin kita sedang berada di pesawat, 1200m di atas daratan, dan mendadak di kepala kita terlintas suatu gagasan yg tidak sabar ingin kita sampaikan. "Butterflies of the moment" bisa datang kapan saja. Bisa saja dua orang yg tidak saling kenal, saling bertemu mata...dan beberapa saat kemudian mereka sudah asik berbincang2.

Inspirasi tidak usah dicari. It is there, beterbangan dengan bebasnya di udara, we just need to catch it. Seperti mendiang Michael Jackson, dalam suatu wawancaranya, ia berkata bahwa inspirasinya dalam menulis lagu muncul begitu saja, seolah-olah segala sesuatu telah dipersiapkan oleh Tuhan, dan ia hanyalah sebagai kurir yg mengantarkannya ke dunia
I wake up from dreams and go, 'Wow, put this down on paper.' The whole thing is strange. You hear the words, everything is right there in front of your face. And you say to yourself, 'I'm sorry, I just didn't write this. It's there already.' That's why I hate to take credit for the songs I've written. I feel that somewhere, someplace, it's been done and I'm just a courier bringing it into the world. I really believe that. ~Michael Jackson~
Nulis blog, is like catching "the butterflies of the moment". Apa yg kita alami hari itu, saat itu, ide atau gagasan apa yg terlintas pada momen itu, semuanya dapat kita tuangkan melalui media blog. Segala emosi, perasaan, opini, yg tertuang di dalamnya membuat blog kita itu lebih terasa hidup. Yup, we just captured a "moment of life" in it, dalam setiap kata yg kita tulis. Kita mematerialisasi rasa, memaknai asa, dari inspirasi yg berseliweran dengan bebas di alam semesta, menjadi sebuah karya tulis.

Memang ada anggapan dari berbagai pihak kalo ngeblog tuh cuma untuk orang2 yg ga ada kerjaan, well, mungkin buat orang yg ngga ngerti kesannya ya seperti cuma nulis diary aja, tapi ngga kok, it's more than that. Blogging is more like building a community for me. Sebuah wadah yg ironisnya jauh lebih efektif untuk ajang bertukar opini daripada forum2 yg seringkali malah penuh dengan junk. Gua pribadi nulis blog karena gua ingin berbagi. Seperti kupu2 yg membantu proses penyerbukan dari satu bunga ke bunga lain, seperti itu pulalah suatu ide atau gagasan juga dapat menginspirasi orang lain.

Dengan bertukar link dan saling mengunjungi antar sesama blogger, wawasan kita juga jadi terbuka terhadap banyak hal, karena setiap individu punya minat dan sudut pandang yg berbeda. Bahkan blog yg benar2 hebat dapat membuat para pembaca yg tidak pernah mengalami hal tersebut jadi ikut merasakan...betapa bahagianya, sedihnya, nikmatnya, gurihnya, jenakanya, menegangkannya. Pembaca seolah turut hanyut dalam ilusi sesaat itu, seolah mereka berada di sana, ikut menyaksikan, ikut merasakan, ikut berpikir dan berempati...

Dan setelahnya, mereka juga ikut dihinggapi "kupu2"...

Blogger Return Contest


Tulisan ini diikutsertakan dalam
Blogger Return Contest yg disponsori oleh Denaihati

15 comments:

  1. nice posting^^
    perumpaan yang indah seperti menangkap kupu2
    salam kenal^^

    ReplyDelete
  2. waw ... filosofi yang bagus dan saya setuju kalau nulis blog itu gg sekedar nulis ^^

    ReplyDelete
  3. itulah keunikan ngeblog, berbeda dengan situs jejaring sosial lainnya :)

    ReplyDelete
  4. perumpamaan yg cantik....tapi aneh juga ya kalo kupu2 selalu hadir dlam hidupmu. jangan2 dia adalah jelmaan gadis cantik yg akan jadi isterimu kelak. halaah...jadi berkhayal nih gue. hehee

    ReplyDelete
  5. Semoga berhasil di kontesnya! :)

    ReplyDelete
  6. semoga menang bro. gue suka artikel lo dibanding peserta yang lain (:

    ReplyDelete
  7. Thank you semuanyaaaaa =)

    cerpen : cieee...keren tuh kalo bener...tapi kapan dia menjelma jadi gadis cantiknya? gua udah ga sabar nih, hehehe

    ReplyDelete
  8. bedanya ngeblog sama nulis diary adalah kita harus pilah-pilah mana yg layak tulis, mana yang nggak. (belajar dari pengalaman)

    ReplyDelete
  9. ada award buat kamu

    http://emmanuelthespecialone.blogspot.com/2010/10/tebak-tebakan-yang-tak-ada-ujungnya.html

    ReplyDelete
  10. kalo saya ngeblog seperti naik sepeda, kadang sampai krinetan. hehe
    gimana kabar Cina?

    ReplyDelete
  11. Nulis blog, is like catching "the butterflies of the moment".

    anologinya mantab, brader.

    ReplyDelete
  12. Saya sangat tertarik dengan situs ini, karena isi postingannya sangat informatif, terutama topik yang sedang dibicarakan ini.

    Sebenarnya saya sedang mencari tahu mengenai silat, tapi saya tidak bisa menemukannya di google informasi yang rinci. Saya berharap Anda dapat menulis topik ini, dengan senang hati saya akan mengunjungi lagi situ Anda ini… ^_^

    ReplyDelete
  13. Dan setelahnya, mereka juga ikut dihinggapi "kupu2"...

    s7 ^^

    ReplyDelete
  14. membaca seluruh blog, cukup bagus

    ReplyDelete
  15. Sekarang yang jadi pertanyaannya itu terkadang kita udah bisa menangkapnya, atau inspirasi itu udah terlintas dipikiran kita.. eeh tahunya gitu udah nyamperin laptop dan pasang internet.. Malah asyik nge-fesbuk.. Huahahahah.. :-D

    Itu gimana yaa?? Terkadang inspirasinya suka males gitu jadinya.. -_-
    Padahal udah dicatetin lhooh, biasanya saya nulis idenya dalam bentuk judul gitu..
    Tapi toh malah banyak juga yang belum terealisasi tuuh menjadi sebuah tulisan..

    Ada saran gak Bang Keven??

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)