Friday, 26 April 2013

Bukan ANGKA Biasa



Halo semuanyaaa...dah lama nih ga update blog, akhir2 ini lagi sibuk banget belajar untuk ujian HSK.

Anyway, meskipun akhir2 ini gua jarang update, tapi syukurlah ternyata jumlah pengunjung ke blog terus bertambah, makin hari makin banyak. Pagi ini ga sengaja gua liat statistik blog...eh ternyata angkanya bagus, jadinya gua screenshot deh, hehehe...



Bagus ya angkanya?

Ngomong2 soal angka, di China sini, angka tuh punya peranan yg penting di dalam kehidupan sehari2 lho. Orang2 di sini kebanyakan sama superstition (takhayul) di mana mereka percaya bahwa ada beberapa angka yg bawa hoki, dan juga bawa sial. Angka apa aja sih yg punya arti khusus?

0 - Nol (Líng)
Angka nol adalah angka netral dan tidak ada arti khusus. Tapi karena pelafalannya "Líng" mirip bunyinya dengan "Nǐ" (kamu) atau "Nín" (anda), maka angka 0 ini sering diasosiasikan dengan "Nǐ" atau "Nín"

1 - Satu (Yī)
Angka satu juga adalah angka netral dan tidak ada arti khusus. Tapi karena dalam Bahasa Mandarin terlalu banyak kata yg menggunakan bunyi mirip dengan "Yī", maka untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman atau makna ambigu, di dalam menyebut nomor, biasanya orang China menyebut angka satu dengan kata "Yāo" (幺) yg artinya juga satu. Karena bunyinya "Yāo" (幺) mirip dengan "Yào" (要) yg artinya adalah "ingin/akan", maka angka satu ini sering diasosiasikan dengan kata "Yào" (要) tersebut.

2 - Dua (Èr)
Orang China punya pepatah "Good things come in pairs" ("Kebahagiaan datang berpasangan"), jadi angka dua ini sering diasosiasikan dengan keberuntungan. Misalnya, di saat seseorang menikah, kita akan banyak melihat huruf 囍 (Xǐ) yg merupakan kombinasi dari buah huruf 喜 (Xǐ) yg artinya adalah "kebahagiaan"

3 - Tiga (Sān)
Angka tiga dianggap angka keberuntungan karena bunyinya mirip dengan "Shēng"() yg artinya adalah "Kelahiran/kehidupan"

4 - Empat (Sì)
Angka empat ini adalah angka sial yg paling dibenci oleh orang2 di China karena bunyinya sama dengan huruf 死 (Sì) yg artinya adalah "kematian". Saking bencinya dengan angka ini, jangan aneh kalo di China sini kita akan banyak menemukan bangunan yg tidak mempunyai lantai 4. Jadi lantai 3 disebut lantai 3A, kemudian lantai 4 disebut lantai 3B.

Tahun 2003, pemerintah Beijing mengeluarkan peraturan yg melarang nomor kendaraan menggunakan akhiran angka "4" 

5 - Lima (Wǔ)
Angka lima ini bunyinya mirip dengan huruf 无 (Wǔ) yg artinya adalah "tidak ada" jadi artinya bisa positif atau negatif, tergantung angka yg ada di belakangnya.
Contoh :
53 (无生 - "wu sheng") artinya adalah "tidak ada kehidupan", jadi bawa sial.
54 (无死 - "wu si") artinya adalah "tidak ada kematian", jadi bawa keberuntungan.

6 - Enam (Liù)
Angka enam ini dianggap banyak bawa keberuntungan untuk bisnis karena pengucapannya sama dengan huruf 溜 yg artinya adalah "meluncur"  dan huruf 流 yg artinya "mengalir". Keduanya mengandung arti "lancar" dan "bebas hambatan", karena itu orang2 cukup suka dengan angka ini. Orang2 bilang bahwa angka 666 tuh angka iblis, tapi buat orang China, angka 666 tuh sangat bagus karena sangat bawa hoki.

7 - Tujuh (Qī)
Angka 7 di China bisa jadi angka bagus atau angka sial, tergantung konteksnya. Jaman dahulu, angka tujuh sering dianggap sial karena diasosiasikan dengan mitos bahwa arwah orang yg meninggal akan tinggal di dunia selama 49 hari (7x7). Bulan tujuh di Lunar Calendar (Orang China pake kalender bulan, bukan kalender matahari seperti yg kita gunakan) sering disebut "Ghost Month".

Jaman sekarang, angka 7 sering diasosiasikan dengan cinta. Angka tujuh dianggap melambangkan "kebersamaan" karena pelafalannya yg mirip dengan "一起" (Yīqǐ) yg berarti "bersama-sama". Huruf 起 (Qǐ )sendiri punya arti "Bangkit". Angka tujuh juga pelafalannya sering diasosiasikan dengan huruf 气 (Qì) yg artinya adalah "energi / esensi kehidupan" Oya, hari Valentine orang China jatuh di tanggal tujuh, bulan tujuh, kalender Bulan.

8 - Delapan (Bā)
Angka 8 adalah angka keberuntungan favoritnya orang China. Angka 8 sering diasosiasikan dengan huruf 发财 (Fācái) yg artinya adalah "Kemakmuran". Angka 8 ini juga sering diasosiasikan dengan ajaran Buddha di mana Bunga Lotus yg menjadi lambang Buddha mempunyai 8 helai kelopak. Selain itu, secara visual, angka "88" mempunyai kemiripan dengan huruf 囍 (Xǐ) yg merupakan kombinasi dari buah huruf 喜 (Xǐ) yg artinya adalah "kebahagiaan"

Angka 8 punya pengaruh yg sangat besar di dalam kehidupan masyarakat China, misalnya :
- Jika ingin memulai sebuah usaha / bisnis, orang China akan memulainya di tanggal 8 (bulannya bebas) karena dianggap akan lebih sukses
- Opening ceremony untuk Olimpiade Beijing tahun 2008 silam, dimulai pada tanggal 8 bulan Agustus 2008, jam 8 malam lebih 8 menit waktu Beijing.
- Para pengguna Internet di China sering mengakhiri chatting dengan menulis "88", selain karena pelafalannya mirip dengan "Bai Bai" (Bye Bye) juga karena dianggap membawa doa dan kebahagiaan bagi lawan bicaranya
- Kalo beli kamar di apartment China, lantai 8 tuh harganya lebih mahal daripada lantai2 lain
- Di restoran2 China, biasanya kita akan menemukan 8 buah kursi yg mengelilingi sebuah meja bundar

9 - Sembilan (Jiǔ)
Angka 9 dianggap angka keberuntungan karena pelafalannya mirip dengan huruf 久 (Jiǔ) yg artinya adalah "long-lasting" atau "panjang umur". Di jaman kuno, baju kaisar China sering dihiasi oleh 9 ekor naga yg juga melambangkan "keseimbangan" atau "harmoni"

---

Nah, sekarang bagaimana seandainya angka2 diatas dipadukan? Tentunya punya arti khusus donk...

1314 adalah angka yg dianggap romantis di China. Pelafalannya "Yīsān yīsì" mirip dengan "Yīshēng yīshì" (一生一世 - satu kehidupan, satu dunia) yg mempunyai arti mirip dengan "Forever and ever" kalo di Bahasa Inggris.

521 juga dianggap romantis karena bunyinya "Wǔ'èryī" sering diasosiasikan dengan "Wǒ ài nǐ" (我爱你) yg artinya adalah "Aku cinta kamu"

Karena itu, remaja di China sering menggunakan nomor 5211314 untuk menyatakan cintanya. “我爱你,一生一世" (Wǒ ài nǐ yīshēng yīshì - "Aku mencintaimu selama-lamanya")

Hari Jumat, tanggal 4 Januari 2013 yg lalu adalah hari yg sangat special, ratusan ribu pasangan di China melangsungkan pernikahannya di tanggal tersebut. Temen2 tau ga kenapa? Buat yg ga tau, jawabannya akan gua post di paling bawah postingan ini...

Oke, lanjut penjelasannya

510 juga punya arti romantis. Bunyinya "Wú yāo líng" sering diasosiasikan dengan "Wǒ yào nǐ" yg artinya adalah "I want you" / "Aku menginginkanmu"

3399 sering digunakan untuk memberi selamat kepada para pasangan yg baru menikah. Bunyinya "Sānsān jiǔjiǔ" sering diasosiasikan dengan "Shēngshēng jiǔjiǔ" (生生久久) yg artinya adalah mendoakan agar kedua mempelai "Hidup bersama sepanjang usia".

514 dianggap sial karena bunyinya "Wǔ yāo sì" diasosiasikan dengan "Wǒ yào sǐ" (我要死) yg artinya "Aku ingin mati". Karena hal inilah, banyak orang China yg suka ngejekin temen2nya yg pergi (atau tinggal) di Kanada, secara kode negaranya adalah 514, hehehe...

748 sering digunakan untuk mengejek atau memaki orang. Bunyinya "Qī sì bā" sering diasosiasikan dengan "Qù sǐ ba" yg artinya "Mati aja sana!" atau "Go to hell!"

Oke, segini dulu ya postingan gua kali ini. Kalo kalian nemuin hal2 menarik lagi seputar hal ini, silahkan berbagi melalui kotak komentar di bawah.

Oya, buat teka-teki di atas, ini dia jawabannya...

Hari Jumat = 5 (Hari kelima di dalam satu minggu)

4 Januari 2013 = 201314 (orang China kalo nulis tanggal, mereka mulai dari tahun ke bulan ke hari)
Jadi, tanggal tersebut bisa diartikan sebagai 5201314



“我爱你,一生一世" (Wǒ ài nǐ yīshēng yīshì - "Aku mencintaimu selama-lamanya")

Thanks untuk semua pembaca dan terutama mereka yg udah ngefollow Emotional Flutter baik lewat blogspot maupun lewat Facebook. Tongkrongin terus blog ini ya, jangan sampe ketinggalan postingan2 menarik selanjutnya =)

14 comments:

  1. waah waah :D bisa ya rangkaian angka jadi bermakna begitu :D cuma dari pelafalannya saja ada artinya, klo fengshui gitu pake angka2 gg :D

    ReplyDelete
  2. Hahaha... Jadi penasaran bagaimanakah dengan hubungan Kanada-China? Memburuk atau pemerintah Kanada hanya anggapnya sebagai guyonan saja? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya baek2 aja tuh, efeknya ga segitu signifikannya sih...

      Delete
  3. iya bener tuh
    di lift kantor jakarta dari nomer 4 nya ga ada
    makanya orang baru suka bingung mereka sebenarnya di lantai 4 apa 5...

    ReplyDelete
  4. tapi katanya kalo pacaran beda 4 taon malah bagus, dan beda 6 taon malah ga bagus... kata guru mandarin gua sih dulu gitu hehehehe...

    mall kelapa gading juga ga ada yang keempat tuh, dari MKG 3 langsung ke 5 hahahaha...

    ReplyDelete
  5. owh nulisnya tahun dulu..di balikkin gitu ya ven ..
    #manggut manggut

    ReplyDelete
  6. biasanya kan angka 13 n 666 angka setan = angka ketidakberuntungan. di kosan temanku juga ada yg nomor kamarnya 12a n 12b, gag ada angka 13. di China malah angka 4 ya yang dihindari.

    ReplyDelete
  7. ko keven, mau comment dong. siapa bilang orang china ga ada yang mau ato pergi ke canada? gilaa, di sini buanyak banget orang chinanya. sampe kayanya aku di sini, practice chinese more than english. -.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks untuk ralatnya. Setelah gua cross-check lagi ke temen gua, ternyata itu cuma guyonannya orang sini untuk ngejek orang2 China lain yg pergi ke Kanada...hahaha...

      Thanks untuk ralatnya ya...

      Delete
    2. Sama2 :)
      Ooooo. hahaha. ada2 aja ya cara ngeledeknya.

      Delete
  8. "Aku mencintai mu selama-lamanya"

    SO SWEET
    Kirain hal-hal yang romantis gitu adanya di korea doang.

    Thank you so much!
    Dapet banyak pengetahuan baru nih, kak :)

    ReplyDelete
  9. Oh jadi itu angka angka di negara china toh ?

    ReplyDelete
  10. Aku suka angka 4 '-'

    ReplyDelete

Tinggalkan jejakmu setelah membaca. Membaca tanpa meninggalkan komentar, ibarat buang air besar tanpa cebok. Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)